Selasa, 07 April 2020

Pusaka Nabi Khidhir ra.

Pusaka Nabi Khidhir ra.

Imam Afifuddin Abdullah Bin As’ad Al Yafiiy Al Yamaniy (wafat tahun 768 Hijriyah) rahimahullah menyebutkan dalam kitabnya Nuzhah Al Uyun An Nawazhir Wa Tuhfatul Qulub Al Hawadhir: Dikisahkan dari orang shalih: Aku pernah mengalami kondsi sangat tertekan dan kehidupan yang sempit, hingga aku keluar rumah menelusuri lorong jalan di sudut kota Makkah tanpa membawa kendaraan dan perbekalan. Aku luntang-lantung selama 3 hari, pas hari keempat panas dan rasa haus hampir-hampir membuatku mati bahkan aku tak temukan tempat untuk berteduh. Akhirnya aku pasrah di padang pasir dalam kondisi menghadap kiblat karena terlalu lelah aku tertidur hingga aku bermimpi melihat sosok lelaki yang menjulurkan tangannya bersalaman kepadaku. Orang itu berkata: “Ulurkan tanganmu, Bergembiralah, engkau orang yang selamat dan akan menjadi tamu Allah di tanah yang dimuliakan ini (Makkah) serta kamu akan menjadi tamu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan menziarahi beliau di Madinah. Aku bertanya kepadanya: Siapa kamu gerangan? Ia menjawab: “Saya adalah Al Khadhir”. Aku berkata: “Aku mohon doakan diriku”. Al Khidhir berkata: “Hendaklah kau baca tiga kali kalimat berikut:

يا لطيفًا بخَلقِهِ * يا عليمًا بخَلقِهِ
يا خبيرًا بخَلقِهِ  * اُلْطُفْ بِي يا لطيفُ
يا عليمُ يا خبيرُ

YAA LAThIIFA(N/M) BIKhOLQIHII, YAA ‘ALIIMA(N/M) BIKhOLQIHII, YAA KhOBIIRO(N/M) BIKhOLQIHII, ULThUF BII, YAA LAThIIFU, YAA ‘ALIIMU, YAA KhOBIIRU.

Artinya : Wahai Yang Maha Lembut dengan Makhluk-Nya Wahai Yang Maha Mengetahui dengan makhluk-Nya, Wahai Yang Maha Mengatahui seluk beluk makhluk-Nya, berikanlah kelembutan kepada saya, Wahai Yang Maha Pengasih, Wahai Yang Maha Mengetahui, Wahai Yang Maha mengetahui seluk beluk hambaNya.

Aku pun membacanya, lalu Al Khadhir berkata:

هذه تحفة بها غنى إلى الأبد، فإذا لحقك ضائقة، أو نزل بك نازلة، فقلها تكفى وتشفى

Kalimat tersebut merupakan pusaka di dalamnya terdapat kekayaan sepanjang masa. Kapan-kapan datang kesulitan yang memuncak atau prolematika dalam hidupmu, maka bacalah kalimat itu karena sesungguhnya akan mencukupi dan membasmi segala kesulitan.

Kemudian Al Khadhir menghilang. Dan akupun terbangun dari tidurku  selanjutnya aku baca kalimat tadi. Maka demi Allah segala problem dan kesulitan yang aku alami terselesaikan dengan kelembutan Allah. Kisah ini juga disebutkan oleh Imam Abu Bakr Bin Shalih Al Kastamiy As Syafii (wafat tahun 1051 Hijriyah) rahimahullah dalam kitabnya Al Manhaj Al Hanif Min Fawaid Ismihi Taala Al Lathif:

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada Imam Afifuddin Abdullah Bin As'ad Al Yafii Al Yamani rahimahullah yang alfaqir (Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus) dapatkan sebagai berikut:

الحبيب محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس عن الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي ألان الله قلبه القاسي عن العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن بن عبد الحي الكتاني عن والده الحافظ شيخ الرواية السيد محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي عن الشيخ عبد الله السكري الدمشقي عن عبد الرحمن الكزبري الدمشقي عن مصطفى الرحمتي الأيوبي الدمشقي عن صالح بن إبراهيم الجنيني الدمشقي عن محمد بن سليمان الرداني دفين دمشق عن المعمر بقية المسندين محمد بن بدر الدين البلباني الصالحي الدمشقي عن الشهابين أحمد بن عليّ المفلحي الوفائي وأحمد بن يونس العيتاوي، كلاهما عن مسند دمشق ابن طولون الدمشقي عن محمد بن أبي الصدق العدوي عن أم المساكين زينب بنت العفيف عبد الله بن أسعد اليافعي عن ابيها الامام اليافعي اليمني رضي الله عنه

Alfaqir (Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus) ijazahkan amalan tersebut bagi siapa saja yang mau mengamalkannya.

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Instagram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @habibshulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Facebook : https://www.facebook.com/habibshulfialaydrus/
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.

Penulis dan pemberi ijazah : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

13 komentar: