Rabu, 19 Februari 2020

Hal-hal yang dapat memperpanjang umur.


Hal-hal yang dapat memperpanjang umur.

Memiliki umur yang panjang dan berkah sangat di inginkan bagi orang-orang yang ahli ibadah, karena memiliki umur yang panjang digunakan dalam ketaatan kepada Allah Ta'ala adalah termasuk orang yang disabdakan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi, Rasulullah bersabda :

خير الناس من طال عمره وحسن عمله وشر الناس من طال عمره وساء عمله

Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amal perbuatannya, dan sejelek-jelek manusia adalah orang yang panjang umurnya namun buruk amal perbuatannya. (HR. At Tirmidzi)

Agar umur kita panjang dan berkah selain menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin dan teratur, selalu berpikiran positif, makan dan minum yang bergizi (sehat) dengan tidak berlebihan (secukupnya), tidur yang cukup dan tidak mempunyai rasa iri dan dengki kepada orang lain, maka hendaknya kita juga mengamalkan amalan-amalan yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW. dan orang-orang sholeh, berikut ini beberapa amalan agar dipanjangkan umur dalam keberkahan.

1. Selalu berbuat baik.

Rasulullah SAW. bersabda :

لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ

Tidak ada yang dapat menolak takdir ketentuan Allah selain doa, dan TIDAK ADA YANG DAPAT MENAMBAH UMUR SESEORANG SELAIN PERBUATAN BAIK. (HR At Tirmidzi).

2. Silaturrahmi.

Rasulullah SAW. bersabda :

سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan DIPANJANGKAN UMURNYA, maka hendaklah ia menyambung tali SILATURAHMI. (HR. Bukhori dan Muslim).

3. Bersedekah.

Rasulullah SAW. bersabda :

الصدقة ترد البلاء وتزيد في العمر

SEDEKAH dapat menghilangkan bala’ dan MENAMBAH UMUR.

4. Berbakti kepada orangtua.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka untuk DIPANJANGKAN UMUR dan ditambahkan rizki, maka BERBAKTILAH PADA ORANG TUA dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat). (HR. Ahmad)

5. membaca doa.

Orang yang suka membaca doa meminta panjang umur dalam keberkahan maka insya Allah akan dipanjangkan umurnya sama Allah, karena tidak ada yang dapat merubah taqdir kecuali dengan doa,

Rasulullah SAW. bersabda :

لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ

Tidak ada yang dapat menolak takdir ketentuan Allah selain doa, dan tidak ada yang dapat menambah umur seseorang selain perbuatan baik. (HR At Tirmidzi).

Berikut ini beberapa amalan dan doa agar diberikan panjang umur sama Allah yang bisa kita amalkan. 

6. Membaca surat At Taubah ayat 128-129 sebanyak 3x atau 7x setiap habis sholat Subuh dan sehabis sholat Maghrib.

Dalam Kitab Mujarrabat Ad Dairabi Al Kabir, karya Syeikh Ahmad Dairabi, halaman 42, cetakan Mathba’ah Musthafa Muhammad, Mesir, diterangkan:

)وَمِنْ خَوَاصِّ) هَاتَيْنِ الْآيَتَيْنِ أَعنِيْ لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ اِلَى آخِرِ السُّوْرَةِ أَنَّ مَنْ قَرَأَهُمَا فِيْ يَوْمٍ لَمْ يَمُتْ فِيْ ذَلِكَ الْيَوْمِ كَمَا رُوِيَ عَنْهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Diantara khasiat dua ayat ini maksudnya (Surat At Taubah ayat 128-129), bahwasanya barang siapa membacanya pada satu hari maka dia tidak akan mati pada hari tersebut, sebagaimana diriwayatkan dari Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam :

وَفِيْ رِوَايَةٍ لَمْ يُقْتَلْ وَلَمْ يُضْرَبْ بِحَدِيْدَةٍ وَإِنْ قَرَأَهَا فِيْ لَيْلَةٍ فَلَهُ مِثْلُ ذَلِكَ ذَكَرَ هَذَا الْحَدِيْثَ بَعْضُ الصَّالِحِيْنَ

Dalam satu riwayat, dia tidak akan dibunuh, dan tidak akan dipukul dengan besi. Jika dia membacanya di malam hari maka sebagaimana yang disebutkan diatas (maksudnya dia tidak akan mati di malam hari tersebut). Hadits ini dituturkan oleh ba'dhush shalihin.

Ini surat At Taubah (9) ayat 128-129.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

LAQOD JAA-AKUM ROSUULU(N/M) MIN ANFUSIKUM ‘AZIIZUN ‘ALAIHI MAA ‘ANITTUM HARIIShUN ‘ALAIKUM BIL MU-MINIINA RO-UUFU(N/R) ROHIIM(UN), FAIN TAWALLAUU FAQUL HASBIYALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWA ‘ALAIHI TAWAKKALTU WA HUWA ROBBUL ‘ARSyIL ‘AZhIIM(I).

Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung". (QS. At Taubah (9) : 128-129)

7. Doa ini dibaca sehabis sholat lima waktu, atau di tempat-tempat dan waktu-waktu yang mustajab.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

ALLAHUMMA AKTsIR MAALII, WA WALADII, WA BAARIK LII FIIMAA A’ThOITANII WA AThIL HAYAATII ‘ALAA ThOO’ATIK(A), WA AHSIN ‘AMALII WAGhFIR LII.

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah (umur) hidupku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

8. Doa ini dibaca sehabis sholat lima waktu, atau di tempat-tempat dan waktu-waktu yang mustajab.

اللّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِالطَّاعَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA ThUULAL ‘UMURI BIThThOO‘ATI WAKhTIM LANAA BIL A’MAALISh ShOOLIHA(TI/H).

Ya Allah, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.

9. Doa ini dibaca sehabis sholat lima waktu, atau di tempat-tempat dan waktu-waktu yang mustajab.

للّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLAAHUMMA ThOWWIL UMUURONAA WA ShAHHIH AJSAADANAA WA NAWWIR QULUUBANAA WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A'MAALANAA WA WASSI’ ARZAQONAA WA ILAL KhOIRI QARRIBNAA WA ‘ANISy SyARRI AB’IDNAA. WAQDhI HAWAAIJANAA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKhIROTI INNAKA ‘ALAA KULLI SyAI-IN QODIIR.

Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad (badan) kami, terangilah hati kami, tetapkanlah (kuatkan) iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami daripada keburukan. Kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kita bisa mengambil salah satu doa di atas (Nomer 7 - 9) untuk kita baca secara istiqomah atau bisa pula membaca ketiga-tiganya.

Itulah beberapa amalan dan doa agar Allah memanjangkan umur kita dalam kebaikan,

Semoga Allah memanjangkan umur kita dalam keadaan ta'at kepadaNya dan kepada RasulNya dan semoga Allah mematikan kita dalam keadaan Husnul Khotimah, Aamiin.

Silahkan di amalkan, alfaqir (Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus) ijazahkan bagi siapa saja yang mau mengamalkannya.

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Instagram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi   
Telegram : @habibshulfialaydrus                 
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Facebook : https://www.facebook.com/habibshulfialaydrus/
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.

Penulis dan pemberi ijazah : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس


1 komentar: