Senin, 03 Agustus 2020

Kitab Lubabul Hadits Bab 28.


Kitab Lubabul Hadits Bab 28.

في منع شرب الخمر

Larangan Meminum Khomar (Yang Memabukkan seperti Arak, dll).

ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼًّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﻣَﻦْ ﺷَﺮِﺏَ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺸْﺮَﺑْﻬَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa meminum khamar (arak) maka dia takkan meminumnya di akherat.

ﻭَ ﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻣَﻦْ ﺷَﺮِﺏَ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ ﻣُﻤْﺴِﻴًﺎ ﺍَﺻْﺒَﺢَ ﻣُﺸْﺮِﻛًﺎ ﻭَﻣَﻦْ ﺷَﺮِﺑَﻬَﺎ ﻣُﺼْﺒِﺤًﺎ ﺍَﻣْﺴﻰ ﻣُﺸْﺮِﻛًﺎ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa minum arak sore-sore maka di waktu pagi dia menjadi musyrik dan barangsiapa minum arak di pagi-pagi maka di waktu sore dia menjadi musyrik.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﺍَﻟْﺨَﻤْﺮُ ﺍُﻡُّ ﺍﻟْﺨَﺒَﺎﺋِﺚِ ﻓَﻤَﻦْ ﺷَﺮِﺑَﻬَﺎ ﻟَﻢْ ﺗُﻘْﺒَﻞْ ﺻَﻠَﺎﺗُﻪُ ﺍَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﻓَﺎِﻥْ ﻣَﺎﺕَ ﻭَﻫِﻲَ ﻓِﻲْ ﺑَﻄْﻨِﻪ ﻣَﺎﺕَ ﻣَﻴْﺘَﺔً ﺟَﺎﻫِﻠِﻴَّﺔً

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Arak itu pokoknya beberapa hal buruk , maka barang siapa meminumnya maka shalatnya tidak akan diterima selama empatpuluh hari. Jika ia meninggal dan araknya masih berada dalam perutnya (belum bertaubat) maka dia meninggal seperti meninggal jahiliyah.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﺍَﻟْﺨَﻤْﺮُ ﺟِﻤَﺎﻉُ ﺍﻟْﺎِﺛْﻢِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Khomar itu kumpulnya dosa-dosa.

Penjelasan : Khomar itu kumpulnya dosa-dosa, sebab orang yang meminum khomar maka akan hilang kesadarannya (mabuk), sehingga dapat melakukan apa saja yang dapat mendatangkan dosa untuk memuaskan hawa nafsunya, seperti melakukan perjinahan, berjudi, mencuri, dll

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﺷَﺎﺭِﺏُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻣَﻠْﻌُﻮْﻥٌ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Peminum khomar itu dilaknat

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﺷَﺎﺭِﺏُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻛَﻌَﺎﺑِﺪِ ﺍﻟْﻮَﺛَﻦِ ﻭَﺷَﺎﺭِﺏُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻛَﻌَﺎﺑِﺪِ ﺍﻟﻠَّﺎﺕَ ﻭَﺍﻟْﻌُﺰّﻯ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Peminum arak itu seperti penyembah berhala. Peminum arak itu seperti penyembah Lata dan Uzza (berhala terbesar orang-orang kafir).

Penjelasan : Orang yang meminum khomar seperti penyembah berhala, dosa yang sangat besar, orang meninggal dalam keadaan belum bertaubat dari meminum khomar maka Allah akan masukkan kedalam neraka.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﻣَﻦْ ﺷَﺮِﺏَ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ ﻓَﻘَﺪْ ﻛَﻔَﺮَ ﺑِﻤَﺂ ﺍَﻧْﺰَﻝَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ ﻋَﻠﻰ ﺍَﻧْﺒِﻴَﺎﺋِﻪ ﻭَﻣَﻦْ ﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻠَﻰ ﺷَﺎﺭِﺏِ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻭَﺻَﺎﻓَﺤَﻪُ ﺍَﺣْﺒَﻂَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ ﻋَﻤَﻠَﻪُ ﺍَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﺳَﻨَﺔً

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa meminum arak maka benar-benar telah kafir terhadap apa yang telah diturunkan (kitab-kitab) Allah SWT kepada Nabi-Nabi. Barang siapa mengucapkan salam atau berjabat tangan dengan peminum khomar maka Allah SWT menghapus amalnya empatpuluh tahun.

Penjelasan : Sebagian ulama mengatakan, bahwa kita dilarang menjenguk mereka saat sakit dan kita dilarang memberi salam kepada mereka (sebelum mereka bertaubat), sebab peminum khomar itu orang fasik, Allah dan RasulNya benar-benar mengutuknya.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﻟَﺎﻳَﺠْﺘَﻤِﻊُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮُ ﻭَﺍﻟْﺎِﻳْﻤَﺎﻥُ ﻓِﻲْ ﻗَﻠْﺐِ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﺍَﺑَﺪًﺍ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak akan berkumpul antara khomar dan iman dalam hati seseorang, selamanya.

Penjelasan : Orang yang meminum khomar maka dia telah melakukan dosa besar, mereka dalam keadaan tidak beriman, jadi tidak akan berkumpul antar iman dengan khomar (orang yang beriman tidak akan meminum khomar)

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ : ﻣَﻦْ ﺷَﺮِﺏَ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ ﺣَﺘّﻰ ﻳُﺰِﻳْﻞَ ﻋَﻘْﻠَﻪُ ﻳَﺄْﺗِﻴْﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥُ ﻓِﻲْ ﺩُﺑُﺮِﻩِ ﺍَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﻣَﺮَّﺓً ﻛَﻤَﺎ ﻳَﺄْﺗِﻰ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗَﻪُ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barang siapa minum khomar hingga hilang akalnya maka syetan menyetubuhi duburnya (anusnya) empat puluh kali seperti laki-laki menyetubuhi perempuannya.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻟَﻌَﻦَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ ﻭَﺷَﺎﺭِﺑَﻬَﺎ ﻭَﺳَﺎﻗِﻴَﻬَﺎ ﻭَﺑَﺎﺋِﻌَﻬَﺎ ﻭَﻣُﺒْﺘَﻌَﻬَﺎ ﻭَﻋَﺎﺻِﺮَﻫَﺎ ﻭَﻣُﻌْﺘَﺼِﺮَﻫَﺎ ﻭَﺣَﺎﻣِﻠَﻬَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﺤْﻤُﻮْﻟَﺔَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﻭَﺁﻛِﻞَ ﺛَﻤَﺎﻧِﻬَﺎ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah melaknat khomar, peminumnya, penyuguhnya, penjualnya, pembelinya, pemerasnya (pembuatnya), yang meminta memerasnya (membuatkannya), pembawanya, orang yang minta dibawakan, pemakan harganya. 

(Kitab Lubabul Hadits – Al Imam Al Hafizh Jalaluddin Abdrurrahman bin Abi Bakar As Suyuthiy, Bab Larangan Meminum Khomar, Halaman 66, Penerbit Darul Kutub Al Islamiyyah)

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @shulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : https://telegram.me/habibshulfialaydrus
LINE : shulfialaydrus         
Facebook : Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.
           
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Kitab Lubabul Hadits Bab 27.


Kitab Lubabul Hadits Bab 27.

ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻮﺍﻁ

Beratnya Siksa Bagi Liwath (Homo Seksual).

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﻦْ ﻗَﺒَّﻞَ ﻏُﻼَﻣﺎ ﺑِﺸَﻬْﻮَﺓٍ ﻋَﺬَّﺑَﻪُ ﺍﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺃَﻟْﻒَ ﺳَﻨﺔٍ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa mencium pemuda dengan syahwat maka Allah SWT mengazabnya (menyiksa) seribu tahun dalam neraka.

Penjelasan : Orang yang mencium (sesama laki-laki atau sesama perempuan) dengan syahwat maka bila tidak bertaubat (dari Homo seksualnya atau dari Lebiannya) maka Allah akan mengazabnya seribu tahun di dalam neraka.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :   ﻟَﻮِ ﺍﻏْﺘَﺴَﻞَ ﺍﻟﻠﻮﻃِﻲُّ ﺑِﻤَﺎﺀِ ﺍﻟﺒَﺤْﺮِ ﻟَﻢْ ﻳَﺠﻰﺀْ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺇﻻ ﺟُﻨُﺒﺎ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sendainya orang yang melakukan perbuatan kaum Nabi Luth (melakukan homoseks) lalu ia mandi dengan air lautan maka ia tidak datang pada hari kiamat terkecuali tetap dalam keadaan junub.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﻦْ ﻗَﺒَّﻞَ ﻏُﻼﻣﺎ ﺑِﺸَﻬْﻮَﺓٍ ﺃُﻟْﺠِﻢَ ﺑِﻠِﺠﺎﻡٍ ﻣِﻦْ ﻧَﺎﺭ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa mencium pemuda dengan syahwat maka dia dikendalikan (dikalungin) dengan kendali api neraka .

Penjelasan : Orang yang melakukan Homoseks atau Lebian bila tidak bertaubat saat matinya maka kelak di akhirat akan di siksa di dalam api neraka.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :   ﻣَﻦْ ﻣَﺲَّ ﻏُﻼﻣﺎ ﺑِﺸَﻬْﻮَﺓٍ ﻟَﻌَﻨَﻪُ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺍﻟﻤَﻼَﺋِﻜَﺔُ ﻭﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺃﺟْﻤَﻌُﻮﻥَ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa menyentuh pemuda dengan syahwat (nafsu birahi) maka Allah SWT, Malaikat dan Manusia melaknatinya (mengutuknya). .

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﻦْ ﺃَﺩْﺧَﻞَ ﻗُﺒُﻠَﻪُ ﻓﻲ ﺩُﺑُﺮِ ﺍﻣْﺮَﺃﺓٍ ﺑَﻌَﺜَﻪُ ﺍﻟﻠﻪ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣَﺔِ ﻭَﻫُﻮَ ﺃﻧْﺘَﻦُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺠَﺠﻔَﺔِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa memasukkan kemaluannya pada dubur (anus) seorang wanita maka dia akan dibangkitkn pada hari kiamat lebih busuk baunya daripada bau bangkai.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺇﺫﺍ ﺃﺗَﻰ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻓَﻬُﻤَﺎ ﺯَﺍﻧِﻴَﺎﻥِ، ﻭﺇﺫﺍ ﺃﺗَﺖِ ﺍﻟﻤْﺮﺃَﺓُ ﺍﻟﻤَﺮﺃَﺓَ ﻓَﻬُﻤَﺎ ﺯَﺍﻧِﻴَﺘﺎﻥِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Apabila seorang laki-laki menyetubuhi laki-laki maka keduanya berzina. Apabila wanita menyetubuhi wanita maka keduanya berzina.

Penjelasan : Orang yang melakukan Homoseks ataupu Lesbian maka keduanya telah melakukan perzinaan.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣﻦ ﻗَﺒَّﻞَ ﻏُﻼﻣﺎ ﺑِﺸَﻬﻮﺓٍ ﻓَﻜَﺄَﻧَّﻤﺎ ﺯَﻧَﻰ ﻣَﻊَ ﺃُﻣِّﻪِ ﺳَﺒْﻌِﻴﻦَ ﻣَﺮَّﺓً ﻭَﻣَﻦْ ﺯَﻧَﻰ ﻣَﻊَ ﺃُﻣِّﻪِ ﻣَﺮَّﺓً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً، ﻓَﻜَﺄَﻧَّﻤﺎ ﻗَﺘَﻞَ ﺳَﺒْﻌِﻴﻦَ ﻧَﺒﻴﺎ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa mencium pemuda dengan syahwat maka seakan-akan dia zina dengan ibunya tujuh puluh kali dan barangsiapa zina dengan ibunya sekali maka seolah-olah dia membunuh tujuh puluh Nabi.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : ﻣَﻦْ ﻻَﻁَ ﻓﻲ ﻏُﻼَﻡٍ ﺃَﺻْﺒَﺢَ ﻓﻲ ﻗَﺒْﺮِﻩِ ﺧﻨﺰِﻳﺮﺍ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa menyetubuhi seorang pemuda maka di dalam kuburnya jadi babi hutan.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺇﺫﺍ ﻟُﻤِﺲَ ﺍﻟﻐﻼﻡُ ﺍﻫْﺘَﺰَّ ﺍﻟﻌَﺮْﺵُ ﻭﻗﺎﻟﺖ ﺍﻟﺴَّﻤﻮٰﺍﺕ : ﻳﺎ ﺭﺑَّﻨﺎ ﺃﺃُﻣِﺮْﻧَﺎ ﻧَﺨْﻄِﻔﻪُ ﻭَﻗَﺎﻟَﺖِ ﺍﻷَﺭْﺽُ : ﻳﺎ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺃﺃﻣِﺮْﻧَﺎ ﻧَﺒْﻠَﻌﻪُ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Ketika pemuda menyentuh pemuda (dengan syahwat) maka berguncanglah ‘Arasy dan langit berkata: “Wahai Tuhan kami perintahkanlah kami menyambarnya” dan bumi berkata: “Wahai Tuhan kami perintahkanlah kami menelannya”.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻻَ ﺗَﺄْﺗُﻮﺍ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀَ ﻓﻲ ﺃﺳﺘﺎﻫِﻬِﻦَّ ﻓﺈﻥَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻳَﺴْﺘَﺤِﻲ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺤَﻖِّ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Janganlah kalian menyetubuhi wanita pada duburnya (anus) karena sesungguhnya Allah SWT tidak malu untuk menjelaskan perkara yang haq (kebenaran).

(Kitab Lubabul Hadits – Al Imam Al Hafizh Jalaluddin Abdrurrahman bin Abi Bakar As Suyuthiy, Bab Beratnya Siksa Liwath, Halaman 64, Penerbit Darul Kutub Al Islamiyyah)

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @shulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : https://telegram.me/habibshulfialaydrus
LINE : shulfialaydrus         
Facebook : Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.
           
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس


Kitab Lubabul Hadits Bab 26.


Kitab Lubabul Hadits Bab 26.

ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﻰ

Beratnya Dosa Atas Berzina

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺍﻟﺰِّﻧَﻰ ﻳُﻮﺭِﺙُ ﺍﻟﻔَﻘْﺮَ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Zina itu mewariskan (menyebabkan) kefaqiran (miskin).

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : ﺯِﻧَﻰ ﺍﻟﻌﻴﻨﻴﻦ ﺍﻟﻨَّﻈَﺮُ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Zina kedua mata itu memandang.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : ﺍﻟﻨَّﻈَﺮُ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺍﻷَﺟْﻨَﺒِﻴَّﺎﺕِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Memandang wanita lain itu sebagian dari dosa besar.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : ﺯِﻧَﻰ ﺍﻟﺮِّﺟْﻠَﻴْﻦِ ﺍﻟﻤَﺸْﻲُ ﻭَﺯِﻧَﻰ ﺍﻟﻴَﺪَﻳْﻦِ ﺍﻟﺒَﻄْﺶُ ﻭَﺯِﻧَﻰ ﺍﻟﻌَﻴْﻨَﻴْﻦِ ﺍﻟﻨَّﻈَﺮُ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Zina kedua kaki itu berjalan (ketempat maksiat), zina kedua tangan itu menampar (memukul tanpa dibenarkan syariat) dan zina kedua mata itu memandang (memandang aurat, dll).

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ } ﺯَﻧْﻴَﺔٌ ﻭﺍﺣِﺪَﺓٌ ﺗُﺤْﺒِﻂُ ﻋَﻤَﻞَ ﺳَﺒْﻌِﻴﻦَ ﺳَﻨَﺔً 

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Satu kali berzina itu menghapus amalan tujuh puluh tahun.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : } ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﺫَﻧْﺐٍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺸِّﺮْﻙِ َﻋْﻈُﻢ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠﻪ ﻣِﻦْ ﻧُﻄْﻔَﺔٍ ﻭَﺿَﻌَﻬﺎ ﺭَﺟُﻞٌ ﻓِﻲ ﺭَﺣِﻢٍ ﻻ ﻳَﺤﻞُّ ﻟَﻪُ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada dosa yang lebih besar setelah syirik menurut Allah SWT daripada sperma yang diletakkan seorang laki-laki pada rahim yang tidak halal baginya.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : } ﺇﻥَّ ﻷَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺻَﻴْﺤَﺔٌ ﻣِﻦْ ﻧَﺘَﻦِ ﺭَﻳﺢِ ﻓَﺮْﺝِ ﺍﻟﺰَّﺍﻧِﻲ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya bagi ahli neraka itu menjerit-jerit (teriak) karena tidak tahan dengan bau busuknya farji (kemaluan) orang yang berzina (mati yang tidak bertaubat dari zinanya).

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ } ﺍﻟﻐﻨِﻲ ﻭﺍﻟﺰِّﻧﻰ ﻻ ﻳَﺠْﺘﻤﻌﺎﻥِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Kaya dan zina itu tidak dapat bersatu.

Penjelasan : Orang yang suka berzina maka tidak akan menjadi kaya, sebab suka berzina akan mewariskan kefaqiran, jadi zina tidak dapat bersatu.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : } ﺗَﺮْﻙُ ﺍﻟﺰِّﻧﻰ ﻳُﻮﺭِﺙُ ﺍﻟﻐَﻨَﻰ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Meninggalkan zina itu menyebabkan kaya (kecukupan karena rizkinya membawa berkah.

Penjelasan : Orang yang bertaubat dari zina, dan menjaga dari hal-hal yang dapat menjadikan zina, baik matanya, kakinya, tangannya, kemaluannya, maka hal tersebut bisa menjadikan rizkinya berkah dan kecukupan bahkan bisa menjadi kaya.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : } ﻣَﻦْ ﺯَﻧَﻰ ﺯُﻧِﻲَ ﺑِﻪِ ﻭَﻟَﻮْ ﺑﺤﻴﻄﺎﻥِ ﺩَﺍرِه

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa berzina maka dia akan dizinahi walaupun dalam tembok rumahnya.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : } ﻣَﻦْ ﺯَﻧَﻰ ﺑﺎﻣﺮﺃﺓٍ ﻓَﺘَﺢَ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓﻲ ﻗَﺒﺮِﻩِ ﺛﻤﺎﻧﻴﺔ ﺃﺑْﻮﺍﺏٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻳَﺨْﺮُﺝِ ﻣِﻦْ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻷﺑﻮﺍﺏِ ﻋَﻘَﺎﺭِﺏُ ﻭَﺣَﻴَّﺎﺕٌ ﺇﻟﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa berzina dengan seorang wanita (dan belum bertaubat matinya) maka Allah membuka delapan pintu neraka yang keluar dari pintu tersebut kalajengking dan ular hingga hari kiamat.

(Kitab Lubabul Hadits – Al Imam Al Hafizh Jalaluddin Abdrurrahman bin Abi Bakar As Suyuthiy, Bab Beratnya Dosa Atas Berzina, Halaman 62, Penerbit Darul Kutub Al Islamiyyah)

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @shulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : https://telegram.me/habibshulfialaydrus
LINE : shulfialaydrus         
Facebook : Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.
           
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Kitab Lubabul Hadits Bab 25.


Kitab Lubabul Hadits Bab 25.

ﻓﻲ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ

Keutamaan Nikah.

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺍﻟﺘَّﺰْﻭﻳﺞُ ﺑَﺮَﻛﺔٌ ﻭﺍﻟﻮَﻟﺪُ ﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻓَﺄَﻛْﺮﻣﻮﺍ ﺃﻭْﻻَﺩَﻛُﻢْ ﻓﺈﻥَّ ﻛَﺮَﺍﻣَﺔَ ﺍﻷﻭﻻﺩِ ﻋِﺒَﺎﺩَﺓٌ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Nikah itu berkah, (mempunyai) anak itu rahmat, maka mulyakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya memulyakan anak itu adalah ibadah.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡُ ﺳُﻨَّﺘِﻲ ﻓَﻤِﻦْ ﺭَﻏِﺐَ ﻋَﻦْ ﺳُﻨَّﺘِﻲ ﻓﻠﻴﺲ ﻣﻨﻲ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Nikah itu sunnahku maka barangsiapa benci sunnahku (tidak mau menikah) maka tidak termasuk golonganku.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :   ﺍﻟﺤَﺮَﺍﺋِﺮُ ﺻَﻼﺡُ ﺍﻟﺒَﻴْﺖِ ﻭﺍﻹﻣﺎﺀُ ﻓَﺴَﺎﺩُ ﺍﻟﺒَﻴْﺖِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Wanita-wanita merdeka itu menjadi kemaslahatan (kebaikan) rumah. Adapun wanita-wanita budak itu kehancuran (kerusakan) rumah.

Penjelasan : Al Manawi mengatakan, bahwa wanita-wanita budak itu menyusahkan, mereka tidak takut atas harta-hartanya dan pada umumnya tidak dapat menciptakan kebaikan menegakkan aturan rumah tangga.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﻦْ ﺃﺭَﺍﺩَ ﺃﻥْ ﻳَﻠْﻘَﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻃَﺎﻫِﺮﺍ ﻣُﻄَﻬَّﺮﺍ ﻓَﻠْﻴَﺘَﺰَﻭَّﺝِ ﺍﻟﺤَﺮﺍﺋِﺮَ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa ingin berjumpa Allah SWT dalam keadaan suci dan disucikan maka nikahilah wanita-wanita merdeka.

Penjelasan : Yang dimaksud suci dan disucikan disini adalah selamat dari dosa-dosa yang berhubungan dengan farji-farji (kemaluan).

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺍﻟﺘَﻤِﺴُﻮﺍ ﺍﻟﺮِّﺯْﻕَ ﺑﺎﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Carilah rizki kalian dengan menikah.

Penjelasan : Melakukan pernikah dapat menarik keberkahan apabila dengan niat yang baik, di dalam riwayat Al Bazzar dari Ibnu Abbas ra. disebutkan : Nikahlah kamu sekalian, niscaya berkat pernikahan itu dapat mendatangkan harta kepadamu, dan rizki itu dapat bertambah dengan lantaran nikah.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﻦْ ﺗَﺰَﻭَّﺝَ ﻓَﻘَﺪْ ﺃُﻋْﻄﻲ ﻧِﺼْﻒَ ﺍﻟﻌِﺒَﺎﺩَﺓِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa menikah maka dia benar-benar telah dikasih separuh ibadah.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺷِﺮَﺍﺭُﻛُﻢْ ﻋُﺰَّﺍﺑُﻜُﻢ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sejelek-jelek kalian adalah kebujangan (orang yang tidak mau menikah) kalian.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺷِﺮَﺍﺭُﻛُﻢْ ﻋُﺰَّﺍﺑُﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺭَﺍﺫِﻝُ ﻣَﻮْﺗَﺎﻛُﻢْ ﻋُﺰَّﺍﺑُﻜُﻢْ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sejelek-jelek kalian adalah kebujangan kalian dan sejelek-jelek kematian kalian adalah mati membujang (orang yang tidak mau menikah padahal mampu). .

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﺷِﺮَﺍﺭُﻛُﻢْ ﻋُﺰَّﺍﺑُﻜُﻢْ ﺭَﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ ﻣِﻦْ ﻣُﺘَﺄَﻫّﻞٍ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺳَﺒْﻌِﻴﻦَ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮ ﻣُﺘَﺄَﻫِّﻞٍ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sejelek-jelek kaliana adalah kebujangan kalian. Dua raka’at dari orang yang berkeluarga lebih baik daripada tujuhpuluh raka’at dari orang yang tidak berumah tangga.

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :  ﻣَﺎ ﺃﻃْﻌَﻤْﺖَ ﺯَﻭﺟَﺘَﻚَ ﻓَﻬُﻮَ ﻟَﻚَ ﺻَﺪَﻗَﺔٌ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Makanan apa saja yang engkau berikan kepada istrimu maka menjadi sedekah bagimu.

(Kitab Lubabul Hadits – Al Imam Al Hafizh Jalaluddin Abdrurrahman bin Abi Bakar As Suyuthiy, Bab Keutamaan Nikah, Halaman 60, Penerbit Darul Kutub Al Islamiyyah)
                
Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @shulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : https://telegram.me/habibshulfialaydrus
LINE : shulfialaydrus         
Facebook : Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.
           
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Kitab Lubabul Hadits Bab 24.


Kitab Lubabul Hadits Bab 24.

ﻓﻲ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﻔﻘﺮ

Keutamaan Faqir.

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﻔَﻘْﺮُ َﺯْﻳَﻦُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻤُﺆْﻣِﻦِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻌِﺬَﺍﺭِ ﺍﻟﺤَﺴَﻦِ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﺪِّ ﺍﻟﻔَﺮَﺱِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Kefaqiran itu lebih pantas bagi orang Mukmin dari pada tali kekang yang baik di pipi kuda.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﻔَﻘْﺮُ ﺷَﻴْﻦٌ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﺯَﻳْﻦٌ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠﻪ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Faqir itu cacat (tercela dan jelek) menurut manusia dan baik menurut Allah pada hari kiamat (untuk keselamatannya di dunia dan di akhirat.

Penjelasan : Orang yang faqir atau miskin lagi bertakwa kepada Allah yang bersabar lagi tidak meminta-minta selama di dunia maka menjadi kesalamatan nanti di akhirat, sebab akan mempermudah hisabnya di akhirat nanti, sebab orang yang memiliki banyak uang dan harta benda di dunia akan mempersulit dan lama saat dihisab di akhirat nanti. Di dalam satu khabar disebutkan : Para Nabi yang terakhir masuk surga adalah Nabi Sulaiman bin Daud as. Karena kedudukan kerajaannya, adapun sahabat-sahabatku yang paling akhir masuk surga adalah Abdurrahman bin Auf ra. karena kekayaannya.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺣُﺐُّ ﺍﻟﻔُﻘَﺮَﺍﺀِ ﻣِﻦْ ﺃَﺧْﻼﻕِ ﺍﻷَﻧْﺒِﻴَﺎﺀِ ﻭَﺑُﻐْﺾُ ﺍﻟﻔُﻘَﺮَﺍﺀِ ﻣِﻦْ ﺃَﺧْﻼَﻕِ ﺍﻟﻔَﺮَﺍﻋِﻨَﺔِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Mencintai orang faqir itu sebagian akhlak para nabi dan membenci orang fakir itu sebagian akhlak para Fir`aun.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﻟِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻣِﻔْﺘَﺎﺡٌ ﻭَﻣِﻔْﺘَﺎﺡُ ﺍﻟﺠَﻨَّﺔِ ﺣُﺐُّ ﺍﻟﻤَﺴَﺎﻛِﻴﻦِ ﻭَﺍﻟﻔُﻘَﺮَﺍﺀِ ﻟِﺼَﺒْﺮِﻫِﻢْ ﻫُﻢْ ﺟُﻠَﺴَﺎﺀُ ﺍﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap sesuatu itu ada kuncinya dan kuncinya surga dalah cinta faqir miskin karena kesabaran mereka. Meraka adalah orang-orang yang duduk menghadap Allah di hari kiamat.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺇﻥَّ ﺍﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ ﻳُﺤِﺐُّ ﻋَﺒْﺪَﻩُ ﺍﻟﻤُﺆْﻣِﻦَ ﺍﻟﻔَﻘﻴﺮَ ﺍﻟﻤُﺘَﻌﻔِّﻒَ ﺃَﺑَﺎ ﺍﻟﻌِﻴَﺎﻝِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba-NYA yang Mukmin (beriman), faqir, memelihara diri (dari yang haram dan tidak meminta-minta) dan menjadi kepala rumah tangga (mempunyai tanggungan istri dan anak-anak).

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﻔَﻘْﺮُ ﺃَﻣَﺎﻧَﺔٌ ﻓَﻤَﻦْ ﻛَﺘَﻤَﻪُ ﻛَﺎﻥ ﻋِﺒَﺎﺩَﺓً ﻭَﻣَﻦْ ﺑﺎﺡ ﺑﻪِ ﻓَﻘَﺪْ ﻗَﻠَّﺪ ﺇﺧﻮﺍﻧَﻪُ ﺍﻟﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Kefakiran adalah amanat, barangsiapa menyembunyikannya ia adalah ibadah dan barangsiapa menampakkannya ia beban bagi saudara-saudaranya yang muslim.

Penjelasan : Orang yang faqir atau miskin tetapi dia bersabar (merasa cukup) tidak mengeluh dan tidak meminta-minta kepada selain Allah maka hal tersebut termasuk ibadah, sebab dengan begitu tidak akan membebani keluarga atau saudara-saudara yang Muslim.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﻃُﻮﺑﻰ ﻟِﻠْﻔُﻘﺮﺍﺀِ ﻭﺍﻟﻀﻌﻔﺎﺀِ ﻣِﻦْ ﺃﻣَّﺘﻲ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Kebahagiaan (surga) itu disediakan bagi orang-orang faqir (yang bertakwa) dan lemah dari umatku.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﻔَﻘْﺮُ ﻛَﺮَﺍﻣَﺔٌ ﻣِﻦْ ﻛَﺮَﺍﻣﺎﺕِ ﺍﻟﻠﻪ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Kefaqiran adalah salah satu dari kemulyaan-kemuliaan Allah SWT.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﻓَﻀْﻞُ ﺍﻟﻔﻘِﻴﺮ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻐَﻨِﻲِّ ﻛَﻔَﻀْﻠِﻲ ﻋَﻠﻰ ﺟَﻤﻴﻊِ ﺧَﻠْﻖِ ﺍﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Keutamaan orang faqir atas orang kaya itu seperti keutamaanku atas semua mahkluk Allah SWT.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﻻَ ﺷَﻲْﺀَ ﻳُﻌﻄِﻴﻪِ ﺍﻟﻠﻪ ﻣِﺜْﻞُ ﺍﻟﻔَﻘْﺮِ

Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada suatu pemberian dari Allah yang menyamai kefakiran.

(Kitab Lubabul Hadits – Al Imam Al Hafizh Jalaluddin Abdrurrahman bin Abi Bakar As Suyuthiy, Bab Keutamaan Faqir, Halaman 58, Penerbit Darul Kutub Al Islamiyyah)
                
Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @shulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : https://telegram.me/habibshulfialaydrus
LINE : shulfialaydrus         
Facebook : Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.
           
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس