Senin, 16 Maret 2020

Menguap dan bersin.


Menguap dan bersin.

Nabi Muhammad saww. bersabda:

التثاؤب من الشيطان فإذا تثاءب أحدكم فليكظم ما استطاع

Menguap itu dari setan. Karena itu, jika kalian menguap hendaknya dia tahan semampunya. (HR. Muslim)

Nabi Muhammad saww. bersabda:

التثاؤب في الصلاة من الشيطان فإذا تثاءب أحدكم فليكظم ما استطاع

Menguap ketika shalat itu dari setan. Apabila kalian menguap, tahanlah semampunya. (HR. At Tirmudzi dan dia menilai hadis hasan shahih, sanadnya sesuai syarat shahih Muslim).

Penjelasan: Jika kita ingin menguap maka tahanlah untuk tidak menguap, tetapi jika sudah memang mengantuk benar dan tidak bisa lagi ditahan untuk menguap maka tutuplah mulut kita.

Nabi Muhammad saww. bersabda:

إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُل

Apabila salah seorang diantara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syeitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka). ” (HR. Muslim No.2995 dan Abu Dawud No.5026)

Nabi Muhammad saww. bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila salah seorang dari kalian bersin lantas dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan “yarhamukallah”). Adapun menguap, maka dia dari setan. Maka bila seorang menguap hendaklah dia menahan semampunya. Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya. (HR. Bukhari No.6223 dan Muslim No.2994)

وقال لي شيخنا التغلبي فسح الله له في قبره ، وأغدق عليه سحائب عفوه وبره : إن غطيت فمك في التثاؤب بيدك اليسرى فبظاهرها ، وإن كان بيدك اليمنى فبباطنها
قال والحكمة في ذلك ; لأن اليسرى لما خبث ولا أخبث من الشيطان ، وإذا وضع اليمنى فبطنها ; لأنه أبلغ في الغطاء ، واليسرى معدة لدفع الشيطان ، وإذا غطى بظهر اليسرى فبطنها معد للدفع . انتهى

At Tuglabi -semoga Allah meluaskan kuburnya dan mencurahkan ampunan dan kebaikanNya- berkata kepadaku:
jika engkau menutup mulutmu ketika menguap dengan tangan kiri maka pergunakanlah yang sebelah luarnya, dan jika dengan tangan kanan maka pergunakanlah yang sebelah dalamnya.

Beliau berkata: Hikmah dalam hal itu adalah karena tangan kiri untuk perkara yang buruk dan tidak ada yang lebih buruk daripada syetan, jika meletakkan tangan kanan maka sebelah dalamnya karena ini lebih memadai dalam hal menutup, dan tangan kiri disiapkan untuk menolak syetan, ketika menutupnya dengan sebelah luarnya tangan kiri maka tangan sebelah dalamnya disediakan untuk menolak syetan. (Kitab Gidza'ul Al Bab karangan Syeh Muhammad As Safarini)

Website : http://shulfialaydrus.blogspot.co.id/ atau https://shulfialaydrus.wordpress.com/
Instagram : @shulfialaydrus
Instagram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Twitter : @shulfialaydrus dan @shulfi
Telegram : @habibshulfialaydrus
Telegram Majelis Nuurus Sa'aadah : @majlisnuurussaadah
Facebook : 
https://www.facebook.com/habibshulfialaydrus/
Group Facebook : Majelis Nuurus Sa’aadah atau 
https://www.facebook.com/groups/160814570679672/

Donasi atau infak atau sedekah.
Bank BRI Cab. JKT Joglo.
Atas Nama : Muhamad Shulfi.
No.Rek : 0396-01-011361-50-5.

Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus, S.Kom.

محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس

Tidak ada komentar:

Posting Komentar